Labu botol ( Lagenaria siceraria ) telah memiliki sejarah domestikasi kompleks yang ditulis untuknya selama dua puluh tahun terakhir. Namun, penelitian DNA baru-baru ini menunjukkan bahwa itu dijinakkan tiga kali: di Asia, setidaknya 10.000 tahun yang lalu; di Amerika Tengah, sekitar 10.000 tahun yang lalu; dan di Afrika, sekitar 4.000 tahun yang lalu. Selain itu, penyebaran botol labu di seluruh Polinesia adalah bagian kunci dari bukti yang mendukung penemuan Polynesia mungkin dari Dunia Baru, sekitar 1000 AD.

Labu botol adalah diploid, tanaman monoecious dari Cucurbitacea . Tanaman ini memiliki tanaman merambat tebal dengan bunga putih besar yang hanya terbuka di malam hari. Buah itu datang dalam berbagai macam bentuk, dipilih oleh pengguna manusia mereka.Labu botol terutama ditanam untuk buahnya, yang ketika dikeringkan membentuk bejana berongga kayu yang cocok untuk mengandung air dan makanan, untuk mengapung ikan, untuk alat musik dan untuk pakaian, dan lain-lain. Bahkan, buah itu sendiri mengapung, dan labu botol dengan benih yang masih hidup telah ditemukan setelah mengambang di air laut selama lebih dari tujuh bulan.

Dispersal Botol Labu

Pembuangan labu botol paling awal ke Amerika telah lama dipercaya oleh para ahli telah terjadi dari mengambangnya buah-buahan yang didomestikasi melintasi Atlantik. Pada tahun 2005, peneliti David Erickson dan rekan (antara lain) berpendapat bahwa labu botol, seperti anjing, telah dibawa ke Amerika dengan kedatangan pemburu-pengumpul Paleoindian, setidaknya 10.000 tahun yang lalu. Jika benar, maka bentuk labu botol Asia dijinakkan setidaknya beberapa ribu tahun sebelum itu. Bukti yang belum ditemukan, meskipun labu botol domestik dari beberapa situs periode Jomon di Jepang memiliki tanggal awal.

Kini hadir objek wisata keren sekaligus natural di desa Kami, yaitu labu botol. dengan tempat sangat stradegis yang terletak disebelah selatan balai desa toronan. untuk tahapan kali ini masih dalam penanaman bibit labu botol seperti foto diatas, dan kami sudah menyediakan tempat penalaran pohon labu dan kami desain sebaik munggkin sehingga nantinya indah seperti di hutan Tropis dan spot foto yang begitu indah dan natural, ditunggu kehadiranya yaaaa……………………..:) 🙂 🙂

By fauzi

Leave a Reply

Your email address will not be published.